Translate

Kamis, 18 September 2014

BAHAN KIMIA BERBAHAYA PADA INDUSTRI KOSMETIK



BAHAN KIMIA BERBAHAYA PADA INDUSTRI KOSMETIK
Untuk memenuhi tugas mata kuliah pengetahuan bahan berbahaya
                                     



Kelompok 8 :
Prayoga Hadi P                       (1111016200011)
Dwi Lestari                              (1111016200024)
Yudiantono                              (1111016200025)
Mar’atus Sholehah L               (1111016200028)
Indah Desi P                            (1112016200002)


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA
JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SYARIF HIDAYATULLAH
JAKARTA
2014

PENGETAHUAN BAHAN BERBAHAYA
INDUSTRI KOSMETIK

A.           Pengertian Kosmetik
Kosmetik sudah dikenal sejak berabad-abad yang lalu.Pada abad ke-19, pemakaian kosmetik mulai mendapat perhatian, yaitu selain untuk kecantikan juga untuk kesehatan.Menurut Tranggono sambil mengutip Jellinek dkk (1970) perkembangan ilmu kosmetik serta industrinya baru dimulai secara besar-besaran pada abad ke-20 (Djajadisastra, 2005).
Definisi kosmetik dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 445/MenKes/Permenkes/1998 adalah sediaan atau paduan bahan yang siap untuk digunakan pada bagian luar badan (epidermis, rambut, kuku, bibir dan organ kelamin bagian luar), gigi dan rongga mulut untuk membersihkan, menambah daya tarik, mengubah penampakan, melindungi supaya tetap dalam keadaan baik, memperbaiki bau badan tetapi tidak dimaksudkan untuk mengobati atau menyembuhkan suatu penyakit (Retno, 2011).
Kosmetik berasal dari kata Yunani “kosmetikos” yang berarti ketrampilan menghias, mengatur.Defenisi kosmetik dalam Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan RI No. HK.00.05.42.1018 adalah setiap bahan atau sediaan dimaksudkan untuk digunakan pada bagian luar tubuh manusia (epidermis, rambut, kuku, bibir, dan organ genital bagian luar) atau gigi dan mukosa mulut terutama untuk membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan dan atau memperbaiki bau badan atau melindungi atau memelihara tubuh pada kondisi baik (BPOM RI, 2008).
Untuk memperbaiki dan mempertahankan kesehatan kulit diperlukan jenis kosmetik tertentu - bukan hanya obat.Selama kosmetik tersebut tidak mengandung bahan bahaya yang secara farmakologis aktif mempengaruhi kulit, penggunaan kosmetik jenis ini menguntungkan dan bermanfaat untuk kulit itu sendiri. Contoh: preparat antiketombe,, antiperspirant, deodoran, preparat untuk mempengaruhi warna kulit (untuk memutihkan atau mencoklatkan kulit), preparat antijerawat, preparat pengeriting rambut dan lain-lain.


B.       Penggolongan Kosmetik
Kosmetik yang beredar di pasaran sekarang ini dibuat dengan berbagai jenis bahan dasar dan cara pengolahannya. Menurut bahan yang digunakan dan cara pengolahannya, kosmetik dapat dibagi menjadi 2 golongan besar yaitu kosmetik tradisional dan kosmetik modern. Kosmetik yang beredar di Indonesia ada dua macam yaitu kosmetik tradisional dan kosmetik modern (Tranggono dkk, 2007).
a. Kosmetik Tradisional. Kosmetik tradisional adalah kosmetik alamiah atau kosmetik asli yang dapat dibuat sendiri langsung dari bahan-bahan segar atau yang telah dikeringkan, buah-buahan dan tanam-tanaman disekitar kita. Cara tradisional ini merupakan kebiasaan atau tradisi yang diwariskan turun-temurun dari leluhur atau nenek moyang kita (Tranggono dkk, 2007).
b. Kosmetik Modern. Kosmetik modern adalah kosmetik yang diproduksi secara pabrik (laboratorium), dimana telah dicampur dengan zat-zat kimia untuk mengawetkan kosmetik tersebut agar tahan lama, sehingga tidak cepat rusak (Tranggono dkk, 2007).

C. Bahan-bahan yang terkandung dalam Kosmetik dan Dampaknya bagi Kesehatan Kulit 
1.      Sodium Lauryl Sulfate (SLS)/Sodium Laureth Sulfate (SLES)
        S
LS/SLES adalah zat kimia yang berfungsi sebagai surfaktan (suatu zat yang mengurangi adhesi molekul-molekul cairan, sehingga cairan tersebut jika digunakan tidak menggumpal dan mudah diratakan). Zat ini sering digunakan untuk campuran shampoo, pasta gigi, sabun wajah, pembersih badan dan sabun mandi.SLS dan ALS dapat menyebabkan iritasi kulit yang hebat dan kedua zat ini dapat dengan mudah diserap ke dalam tubuh. Setelah terserap, endapan zat ini akan terdapat pada otak, jantung, paru paru dan hati yang akan menjadi masalah kesehatan jangka panjang. SLS dan ALS juga berpotensi menyebabkan katarak 
2.      Mineral Oil 
       Mineral oil sebenarnya adalah zat kimia residu hasil proses distilasi bensin dari minyak mentah. Mineral oil banyak digunakan dalam berbagai produk bayi seperti baby oil, lotion bayi, sabun mandi bayi dan shampoo serta produk kosmetika seperti body lotion, lip gloss atau lipstick Mineral oil tidak mudah diserap tubuh, bahkan jika dioleskan akan bersifat sebagai penutup pori-pori sehingga fungsi ekskresinya bisa terganggu, seperti yang kita tahu, pori-pori kulit adalah bagian dari saluran pembuangan zat sisa dari dalam tubuh melalui kulit, sehingga jika tertutup, kulit lebih mudah iritasi, gatal-gatal serta pergantian selnya terganggu.
3.     
Phthalates
       Phthalate adalah suatu zat yang digunakan untuk membentuk kelenturan plastik atau zat tertentu dan juga dapat berfungsi sebagai surfaktan.Phthalate banyak terdapat pada bedak, krim perawatan kulit, deodoran dan mrim cukur.
Dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh phthalates yaitu pertumbuhan payudara wanita terhambat dan untuk pria dewasa yang memiliki level phthalate yang tinggi dalam tubuhnya cenderung mempunyai kualitas dan kuantitas sperma yang kurang, yakni kurangnya jumlah sperma, kurangnya motilitas sperma dan kelainan bentuk sperma.
4.     
Formaldehyde
       Formaldehyde adalah bahan kimia yang berbau tajam dan tak berwarna. Formaldehyde juga digunakan sebagai desinfektan, pengawet preparat medis di labratorium dan terutama berbagai macam kosmetik seperti sampo, sabun, pelembab, cat kuku, produk bibir serta mata.
Dalam jangka waktu lama, Environmental Protection Agency (EPA) mengklasifikasikan formaldehyde dalam golongan zat kimia yang dapat bersifat kasinogen terhadap manusia jika terpapar pada dosis tinggi dalam jangka waktu lama. Sedangkan Agency for Research on Cancer (IARC) mengklasifikasikan formladehyde sebagai karsinogen terhadap manusia.
5.     
Bahan Pengawet Paraben
       Paraben digunakan terutama pada kosmetik, deodoran, dan beberapa produk perawatan kulit lainnya. Zat ini dapat menyebabkan kemerahan dan reaksi alergi pada kulit. Penelitian terakhir di Inggris menyebutkan bahwa ada hubungan antara penggunaan paraben dengan peningkatan kejadian kanker payudara pada perempuan. Disebutkan pula terdapat konsentrasi paraben yang sangat tinggi pada 90% kasus kanker payudara yang diteliti.

6.     
Propylene Glycol
       Ditemukan pada beberapa produk kecantikan, kosmetik dan pembersih wajah. Zat ini dapat menyebabkan kemerahan pada kulit dan dermatitis kontak. Studi terakhir juga menunjukan bahwa zat ini dapat merusak ginjal dan hati.

7.     
Isopropyl Alcohol
        Alkohol digunakan sebagai pelarut pada beberapa produk perawatan kulit. Zat ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan merusak lapisan asam kulit sehingga bakteri dapat tumbuh dengan subur. Disamping itu, alkohol juga dapat menyebabkan penuaan dini.

8.     
Polyethylene Glycol (PEG)
        Bahan ini digunakan untuk mengentalkan produk kosmetik. PEG akan menganggu kelembaban alami kulit sehingga menyebabkan terjadinya penuaan dini dan kulit menjadi rentan terhadap bakteri

9.     
Merkuri
        Merkuri adalah logam berat yang juga dikenal dengan air raksa. Zat kimia ini sangat berbahaya jika penggunaannya secara teratur dan dalam jangka waktu lama. Merkuri memiliki sifat meresap dan mengendap dalam tubuh, dan akan menyebabkan masalah yang berat bagi kesehatan dikemudian hari. Walaupun penggunaan kosmetik hanya dioleskan, namun merkuri yang terkandung bisa meresap melalui pori-pori dan kemudian akan terbawa bersama aliran darah, yang selanjutnya akan mengendap di organ penting tubuh  manusia. Dalam kosmetika, merkuri seringkali terlibat dalam obat pemutih kulit, obat jerawat, lipstik dll.

Dampak yang ditimbulkan merkuri pada manusia :

a.   
Bila pemakaian dihentikan, akan timbul jerawat kecil-kecil disertai rasa gatal. Jika berlanjut akan menyebabkan timbul bintik-bintik hitam di bawah kulit pada sebagian ataupun merata diwajah. Lama-kelamaan wajah akan berubah menjadi abu-abu lalu selanjutnya kehitaman. Lebih lanjutnya dapat menyebabkan kanker kulit, kerusakan jaringan tubuh & menyebabkan kematian.
b.   
Pada ibu sebelum atau sedang hamil, merkuri yang terserap tubuh Dapat menghambat pertumbuhan, cacat lahir, hingga kematian pada janin.
10.  Asam Retinoat
          Asam retinoat atau juga dikenal Vitacid, Retin-A, Retin A Micro, Retiva, Reviderm, Sensiderm, Renova dan Tretinoin Gel adalah sebuah retinoid aktif turunan vitamin A dalam bentuk asam yang dibentuk dari all-trans retinol (retinoid dalam bentuk alkohol), Asam retinoat juga dikenal dengan sebutan tretinoin (alkrans-retinoic acid) yang digunakan dalam terapi atau pengobatan jerawat.

Dampak yang ditimbulkan Asam Retinoat pada manusia :

a.      
Berpotensi mengiritasi kulit normal. Asam retinoat yang dioleskan akan menimbulkan peradangan pada kulit. Gejala yang sering muncul adalah sensasi rasa agak panas, menyengat, kemerahan, eritema sampai pengerasan kulit. 
b.      Pada ibu hamil atau sebelum hamil, berpotensi menjadi zat teratogen (menyebabkan cacat janin. Telah dilaporkan bahwa bayi yang terlahir dari seorang wanita yang mengoleskan asam retinoat 0,05% sebanyak dua kali sehari pada wajah berjerawat, sebelum dan selama kehamilan, mengalami malformasi berat pada wajah seperti kecacatan langit-langit mulut, bibir sumbing, celah kelopak mata menyatu, hipertelorisma (peningkatan abnormal jarak antara dua organ/bagian), defisiensi lubang hidung kiri dan kelainan sistem saraf pusat serta hidrosefalus.
11. 
Hidroquinon
      Hidrokuinon termasuk golongan obat keras yang hanya bisa digunakan berdasarkan resep dokter, dan penggunaanya pun tak boleh melebihi 2%. Penggunaan hidrokuinon lebih dari 2% biasanya yang ditambahan pada krim pemutih kulit. Bahaya pemakaian yang berlebihan dan tanpa pengawasan dokter dapat menyebabkan iritasi kulit, kulit menjadi merah dan rasa terbakar.

Dampak Hidroquinon yang terjadi pada manusia :

a.      
Kelainan pada ginjal (nephropathy), kanker Darah (leukemia  dan Kanker Hati (hepatocelluler adonema)
b.     
Penyebab yang bisa timbul lainnya adalah oockronosis, pada orang yang berkulit gelap. Oockronosis adalah kulit berbintil seperti pasir dan berwarna coklat kebiruan, Penderita oockronosis akan merasa kulit seperti terbakar dan gatal.
12. 
Rhodamin B
       Rhodamin B adalah zat yang digunakan sebagai pewarna teksil, kertas, ataupun tinta. Rhodamin B sangatlah berbahaya jika masuk kedalam sistem tubuh manusia.Pada kosmetik, rodamin B banyak digunakan sebagai pewarna untuk lipstik yang abal-abal. Lipstik, tentu saja dipakai dibibir, yang beresiko tinggi ikut tertelan bersama makanan atau ludah. Jika Lipstik yang mengandung Rhodamin B dipakai secara terus menerus, akibatnya juga akan fatal bagi kesehatan.

Dampak negatif yang terjadi pada manusia adalah iritasi dan gangguan saluran pencernaan, liver (hati), hingga kanker karena Rhodamin B merupakan zat karsinogenik (penyebab kanker).

13. 
Benzoil Peroksida
      Ditemukan dalam banyak produk yang digunakan untuk mengobati jerawat termasuk kategori C yang sebaiknya dihindari.

14. 
Salicylic Acid
      (BHA atau beta hydroxy acid), bahan ini dalam produk yang digunakan untuk anti penuaan dan mengobati jerawat.

15. 
Assutane
      Obat jerawat ini beresiko menyebabkan janin lahir cacat yang serius dan kemungkinan keguguran

16. 
Dioksana
      Merupakan bahan bahaya yang tercantum pada setiap  produk perawatan kulit karena merupakan bahan sintetis lain berbasis minyak bumi. Bahan ini dapat menyebabkan kanker dan pengaruh efek samping pada perkembangan janin

D.      Produk-produk yang Mengandung Bahan Berbahaya
1.    TemuanBPOM Tahun 2009
Pada Tahun 2009, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengumumkan 70 merk kosmetik yang mengandung bahan berbahaya seperti merkuri. Ke-70 produk di atas ditengarai bisa memicu penyakit gangguan syaraf, gangguan perkembangan janin, serta penyakit kanker. Berikut daftar 70 kosmetik yang dinyatakan BPOM sebagai produk berbahaya. Produk-produk itu terbagi dalam empat kategori, yaitu kosmetik rias mata dan rias wajah, kosmetik pewarna rambut, kosmetik perawatan kulit, dan kosmetik mandi.

 
Pertama, sebanyak 18 merekkosmetikriaswajahdanriasmata:
1. Cassandra Superior Quality Lipstick No. 1-10
2. Cassandra Superior Lip Gloss No. 1-12
3. GLD Garland Lipstick No. 9
4.Marie Anne Beauty Shadow No. 4, 5, 6, 8
5. Marie Anne Blush On No. 3
6. Sutsyu Eye Shadow Blusher 01
7.Sutsyu 18 Colors Eye Shadow 01
8.Sutsyu Lipstick Colors Fix No. 1, 3, 4, 6
9. Sutsyu Lipstick Colors Fix No. 5
10. Asnew Blush On
11. Cameo Makes You Beauty Detox 4 in 1 Complete Make Up
12. Marimar Eye Shadow Powder Cake
13. Natural Belle Colors Fix Lipstick No. 313
14. Olay 4 in 1 Complete Make Up
15. Pond’s Detox Complete Beauty Care Make Up Kit
16. Pond’s Detox Eye Shadow Blusher Lip Gloss, Creme Powder No. 1-2
17. Pond’s Detox Complete Beauty Care Eye Shadow Two Way Cake
18. Pond’s Detox Complete Beauty Care
Kedua, sebanyaktujuhmerekkosmetikpewarnarambut:
1. Casandra Hair Dye Pink C-14
2.Casandra Hair Dye Maroon C-17
3. Casandra 3D Profesional Hair Colors Cream Hair Dye Wine Red C-9
4. Salsa Hair Colorant Pink Colors (S- 018 )
5. Salsa Hair Colorant Cherry Red (S- 019 )
6. Casandra Hair Dye Maroon C-17
7. Casandra 3D Profesional Hair Colors Cream Hair Dye Grape Red C-11
Ketiga, sebanyak 44 merekkosmetikperawatankulit:
1. Caronne Beauty Day Cream
2.Caronne Whitening Cream (Day Care)
3. Caronne Whitening Cream (Night Care)
4. CR Lien HuaBungaTeratai Day Cream
5.CR Lien HuaBungaTeratai Night Cream
6.CR Racikan Ling ZhiDay.Cream
7. CR Racikan Ling Zhi Night Cream WithVit.E
8. CR Day Cream WithVit.E
9. CR UV Whitening Night Cream
10.CR UV Whitening Day Cream
11.DR’s Secret 3 Skinlight
12.DR’s Secret 4 Skinrecon
13.Dr. FrediSetyawan Extra Whitening Cream
14. Dr. FrediSetyawan Whitening Cream II
15. Fruity Vitamin C
16.Plentiful Night Cream
17.QL Papaya Peeling Gel
18. QL Day.Cream
19. QM Natural Vitamin C E
20.Scholar Night Cream
21.Top Gel MCA Extra Pearl Cream Plus
22. Top Gel MCA Extra Cream
23. Top Gel TG-3 Extra Cream
24.Topsyne Aloe Beauty Cream TS- 858
25.Topsyne Beauty Cream TS-3
26.Topsyne Beauty Cream TS- 802
27.Topsyne Beneficial Skin Cream TS- 868
28.TopsyneVit C Placenta
29.Topsyne Day Cream Night Cream
30.TopsyneVit E C TS- 819
31.Topsyne Extra Beauty TS- 821
32.ElastidermDecolletage Chest and Neck
33.Obagi Nu-Derm Blender Skin Lightener Blending Cream
34.Obagi Nu-Derm Blender Skin Lightener with sunscreen
35. Obagi Nu-DermToleran Anti Pruritic Lotion
36.Obagi C RX System Clarifying Serum
37.Obagi C RX C Therapy
38.Olay Total White
39. Olay KrimPemutih
40. Pond’s Age Miracle Day and Night Cream
41. Qianyan
42. Quint’s Yen
43. Skin Enhacer
44.Temulawak Nutrition Cream
Keempat, satumerekkosmetikmandi
1. Jinzu Strawberry White Beauty Soap



2.      Temuan BPOM tahun 2012
Berikut ini daftar kosmetik berbahaya 2012 yang dilarang edar dariBadan POM:


Kosmetik Mengandung Bahan Berbahaya Merkuri:
1.        DR. Whitening treatment night cream
2.        LIE CHE Day Cream
3.        LIE CHE Whitening Soap
4.        LIEN HUA Night Cream (BungaTeratai)
5.        LIEN HUA Day Cream (BungaTeratai)
6.        WaletKrim (Day Cream Small), HerbalClinic ‘Green Alvina’
7.        WaletKrim (Night Cream Small), HerbalClinic ‘Green Alvina’
8.        PemutihDokter, CV KiuKiu Jakarta
9.        SP Special UV Whitening
10.     SpesialPearlCream Super
11.     PemutihSejutaBintang
12.     RacikanWaletPutih
13.     Night Cream SJ SIN JUNG
14.     Day Cream SJ UV White SJ SIN JUNG
15.     Vitamin PemutihKecantikan
16.     Klip 80″S Night Cream
17.     Klip 80″S Day Cream
18.     VAYALA Nightly Cream
19.     VAYALA Daily Cream
20.     VAYALA SabunTransparan.

Kosmetik Mengandung Pewarna yang Dilarang
1.        JUST MISS Lip Color Lipstick No.41
2.        FEVES Color Cream 0.43 Phoenix Red
3.        FEVES Color Cream 0.43 Phoenix Red (NA)
4.        FEVES Color Cream 5.36 Golden Cupprum
5.        POND’S Beauty Care Make Up Lipstick Colorful Eye Shadow Two Way Cake (pink)
6.        IZOUCA Eye Shadow Two Way Cake with Pearl Nutrient
7.        TAILAIMEI 3 in 1 Two Way Cake & Eye Shadow no.A3
8.        TAILAIMEI Eye Shadow & Blusher 3 Two Way Cake no. A12
9.        TAILAIMEI Make up Kit Eye Shadow & Lipstick 7 Blusher & Two Way Cake no.A81
10.     TAILAIMEI Make up Kit Compact Powder, Eye Shadow Blusher & Lipstick No. A73
11.     TAILAIMEI Fashion Make up Kit Eye Shadow Lipstick & Blusher & Two Way Cake no.A92
12.     TAILAIMEI Make Up Kit Eye Shadow Lipstick No.A64
13.     TAILAIMEI Make Up Kit BeautifulColor no.A78
14.     TAILAIMEI 12 Eye Shadow & 4 Blush & 3 Two Way Cake
15.     TAILAIME Make up Kit Eye Shadow & Blusher & Two Way cake No.A10
16.     TAILAIMEI Make up Kit Compact Powder Eye Shadow Blusher & Lipstick no.A65
17.     TAILAIMEI Make up Kit Eye Shadow Blusher Two Way Cake
18.     TAILAIMEI Make up Kit Eye Shadow Lipstick Blusher & Two Way Cake No.A67
19.     TAILAIMEI make up Kit Complete Beauty Care Eye Shadow
20.     TAILAIMEI Lipstick Blusher Two Way Cake No.A88
21.     TIANNUO Lipstick Paris
22.     POND’S Lip Beauty Moisture with Vit. EA18

Kosmetik Mengandung Hidrokinon
1.        SBM-2 Cream
2.        SB-2 Cream
3.        SBM-1 Cream
4.        SB-1 Cream
5.        SB-3 Cream
6.        SL-2 Cream



3.      Temuan BPOM tahun 2013
Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM)  kembali merilis 17 produk kosmetik mengandung bahan berbahaya. Ketujuh belas produk ini berasal dari seluruh Indonesia dan merupakan hasil sampling dari 24 ribu produk kosmetik.
"Memang jumlahnya menurun dibanding tahun kemarin yang mencapai 58 produk. Namun nilaibahayanya tetap sama," kata Ketua Badan POM RI, Lucky S. Slamet pada peringatan publik KosmetikaMengandung Bahan Berbahaya di Jakarta (13/5/13).
Produk yang ada dalam daftar hitam Badan POM sebaiknya tidak digunakan karena berbahaya bagi kesehatan. Ketujuh belas produk ini beredar tanpa ijin BPOM dan mengandung merkuri, hidrokinon, asam retinoat, dan resorsinol. Selain di jual di toko kosmetik, beberapa produk dijual di klinik kecantikan dan toko online.
Merkuri adalah bahan terlarang dalam kosmetik. Tingkat radiasinya yang tinggi menjadikan bahan ini sebagai salah satu faktor pemicu kanker. Sedangkan hidrokuinon memang digunakan untuk pemutih kulit namun penggunaannya harus dengan resep dokter. Penggunaan berlebihan akan memicu iritasi kulit.
Sementara itu penggunaan asam retinoat dikhawatirkan akan mengikis permukaan kulit. Pengunaan bahan ini harus dengan resep dokter, bahkan bahan ini tidak boleh dipakai dalam obat karena bisa menimbulkan cacat janin.



Daftar ketujuh belas produk kosmetika berbahaya:
Kosmetika merek Tabita:
1. Tabita Daily Cream
2. Tabita Nightly Cream
3. Tabita SKIN Care Smooth Lotion

Kosmetika Merek Green Alvina
4. Herbal Clinic "Green Alvina" Walet Cream Mild Night Cream
5. Green Alvina Night Cream Acne

Kosmetika Merek Chrysant
6. Chrysant 24 SKIN CARE  Pemutih Ketiak
7. Chrysant 24 Skin Care Cream Malam Jasmine
8. Chrysant 24 Skin Care AHA Toner No.1
9. Chrysant 24 Skin Care AHA Toner No.2
10. Chrysant 24 Skin Care AHA Toner No.1

Kosmetika merek Hayfa
11. Hayfa Sunblock Acne Cream Natural Pagi-Sore
12. Hayfa Acne Morning Pagi-Sore

Kosmetika Merek dr. Nur Hidayat,SpKK
13. Acne Lotion dr. Nur Hidayat,SpKK
14. Cream Malam Prima 1 dr. Nur Hidayat,SpKK
15. Acne Cream Malam dr. Nur Hidayat,SpKK

Kosmetika Merek Cantik
16. Cantik Whitening Vit. E Night Cream
17. Cantik Whitening Vit. E Day Cream.




 E.       Solusi Terhadap Bahan Kimia Berbahaya pada Kosmetik
Sebagaimana yang telah dipaparkan sebelumnya bahwa kandungan zat-zat kimia di dalam kosmetika tersebut dapat merusak kesehatan pemakai. Namun tuntutan ingin memiliki wajah yang cantik pun tidak bisa dihindari. Selain memilih produk yang tidak mengandung berbahaya, saat ini sudah banyak beredar produk kecantikan herbal atau organik untuk mengganti kosmetik yang berbahan sintetik.
Produk kosmetika herbal di Indonesia sudah digunakan oleh masyarakat kita secara turun-temurun. Meski demikian, seiring perkembangan zaman dan maraknya kosmetika kimiawi yang menawarkan kegunaan dan kepraktisan yang lebih dari kosmetika herbal, sehingga kosmetika herbal seolah tersingkir. Namun akhir-akhir ini, dengan didengungkannya program back to nature atau program sejenis lainnya, masyarakat mulai sadar akan bahaya kosmetika dari bahan kimia.
Banyak manfaat dari pemakaian kosmetika dari bahan herbal tersebut, antara lain, tidak menimbulkan efek samping, bebas racun/zat kimia berbahaya dan cara pembuatan kosmetika herbal cenderung mudah dan sederhana. Kehebatan produk kosmetika herbal bukan tanpa kendala. Regulasi pemerintah mengenai produk kosmetika herbal masih belum ada. Selain itu sosialisasi kepada masyarakat mengenai penggunaan produk kosmetika herbal belum merata. Ini terjadi karena masih ada sebagian masyarakat di Indonesia masih menggunakan produk yang terbuat dari bahan kimia dan cenderung menyepelekan produk kosmetika herbal. Keberadaan industri kosmetik herbal Indonesia sebenarnya memiliki prospek bisnis cerah.
Banyak hasil penelitian baik dari dosen maupun mahasiswa yang mengusung tema bahan alam sebagai bahan kosmetik, yang secara nyata dapat diaplikasikan dengan mudah oleh masyarakat mupun dunia industry. Salah satunya adalah potensi flavonoid maupun antosianin dari tanaman yang berwarna terang sebagai bahan pewarna dalam cat kuku, pewarna rambut maupun lipstick. Dengan pewarna alami, akan dihasilkan efek warna yang lebih soft and natural, jenis riasan yang sedang menjadi tren saat ini. Senyawa bioaktif dari buah, bunga maupun daun sangat berpotensi sebagai antimikroba yang dapat diaplikasikan dalam produk kosmetik untuk perawatan kulit berjerawat. Senyawa antioksidan dalam tanaman juga dapat dimanfaatkan sebagai antiaging (antipenuaan dini) dan pencerah kulit, seperti tanaman delima, tomat maupun bengkuang. Penelitian terbaru membuktikan bahwa tanaman angelica (bentuknya sejenis seledri) mempunyai potensi sebagai pencerah tanpa menimbulkan efek iritasi. Hasil-hasil penelitian yang ada jika dimanfaatkan oleh pihak industry dengan lebih serius, maka akan menjadi prospek baru bagi perkembangan kosmetika di Indonesia.Contoh produk kosmetik herbal:

F.     Tips Memilih Kosmetik
Bagi kaum wanita kosmetik termasuk perlengkapan yang penting untuk menunjang kecantikan. Bagi sebagian dari kaum wanita, perlengkapan kosmetik merupakan sarana untuk dapat menambah kepercayaan diri.Berikut ini tips yang dapat anda lakukan :[1]
1. Memeriksa Kode Legalitas dan Label Halal Produk
Banyaknya barang impor yang masuk ke indonesia terkadang luput dari pengawasan BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan), Seseorang pelanggan yang bijak tentu akan selalu memeriksa setiap produk yang akan dia beli, Tidak adanya Kode Legalitas dari BPOM berarti produk tersebut tidak mendapat jaminan dari pihak pemerintah sebagai produk yang baik untuk kesehatan, Senantiasalah memeriksa kode legalitas produk yang akan anda beli baik itu kosmetik ataupun produk lain, baik anda membelinya di swalayan ataupun supermarket bahkan di pasar.
2. Memeriksa Tanggal Kadaluarsa Produk
Membeli produk yang sudah terpercaya kualitasnya tentu akan berdampak baik bagi kita, namun kita harus tetap mengecek satu hal penting yakni Tanggal kadaluarsa, tanggal kadaluarsa adalah tanggal tertentu yang sudah ditentukan pada suatu produk yang diproduksi yang sebaiknya digunakan sebelum melewati tanggal tersebut, menggunakan produk dengan tanggal kadaluarsa yang telah melewati ambangnya akan berdampak pada kesehatan kita, Di Indonesia terkadang produk yang sudah kadaluarsa masih tetap beredar dipasaran oleh karenanya pengecekan tanggal tersebut tetap harus dilakukan agar tetap aman.
3. Mengecek komposisi bahan Kosmetik
            Kewaspadaan terhadap barang yang dapat merusak kesehatan, terdapatnya produk-produk yang tidak cocok dengan kondisi lingkungan tropis seperti di Indonesia akan berdampak buruk bagi kesehatan kulit kita, pentingnya mengecek komposisi produk kosmetik yang akan kita beli akan membantu anda mengurangi efek samping produk yang anda beli, beberapa bahan kimia berbahaya pun terkadang terdapat pada kosmetik karena bisa saja perusahaan yang memproduksi tidak mementingkan kesehatan konsumen namun hanya menginginkan keuntungan.
4. Meminta saran dokter kulit dan Mengecek jenis Kulit
            Mengecek jenis kulit anda akan sangat membantu dalam merawatnya, ini karena beda jenis kulit maka beda pula penanganannya, sebisa mungkin meminta saran dokter agar kita dapat mengetahu penanganan yang tepat untuk merawat kulit dan memilih kosmetik, ini sangat disarankan agar menghindari alergi akibat kandungan kimiawi produk kosmetik yang akan anda beli.
G.      Mengatasi Efek Racun dari Kosmetik Berbahaya
          Krim pemutih wajah sedang booming di pasaran, mengikuti trend orang indonesia yang menginginkan kulitnya menjadi lebih bening. Tidak heran bila sekarang makin sering kita temukan wanita muda bahkan remaja yang memiliki wajah yang rusak akibat produk kosmetik, seperti jerawat parah, kulit mengelupas hebat dan flek yang lebar. Salah asatu acarnya dengan detoksifikasi.Detoksifikasi tubuh bermanfaat untuk menghindari risiko adanya akumulasi racun, sehingga bisa secara berangsur dikurangi.
          Pertama, meringankan beban racun dari tubuh anda. Jauhi alkohol, kopi, rokok, gula halus dan lemak jenuh, yang semuanya bertindak sebagai racun dalam tubuh dan penghambat untuk proses penyembuhan anda.
          Pengganggu kesehatan lainnya adalah stres, yang dapat memicu pelepaskan hormon stres ke dalam sistem anda.  Yoga,  dan meditasi adalah cara sederhana dan efektif untuk meredakan stres.
          Cara lain yang dapat membantu tubuh anda bebas dari racun yaitu sebagai berikut:[2]
1.    Makan banyak serat, termasuk beras merah yang belum digiling, polong polongan, biji-bijian yang belum digiling dan sayuran agar pembuangan lancar.
2.    Bit, lemon, mangga, air kelapa hijau, timun, brokoli, chlorella, dan rumput laut adalah makanan detoksifikasi yang sangat baik. Diantaranya mengandung banyak serat, merangsang pelapisan enzim dalam tubuh (lemon), membantu membuang limbah tubuh (lemon, bit, air kelapa hijau), baik untuk kulit (mangga), menjaga kesehatan hati (bit)
3.    Teh hitam dan teh hijau (tanpa gula) mempunyai khasiat untuk membantu melawan racun, memperkuat sistem kekebalan tubuh serta menetralisir efek merkuri. Teh hijau juga  merupakan salah satu anti oksidan alami tertinggi. Mengandung polyphenol yang membantu mengontrol pembentukan glukosa dalam darah. Polyphenol menghambat pembentukan glukosa menjadi sel-sel lemak, serta mencegahnya masuk ke pusat aliran darah. Namun disarankan untuk tidak terlalu sering minum teh hijau/hitam, dan jangan meminumnya saat perut kosong karena akan menyebabkan resiko penipisan mukosa lambung.
4.    Makan kacang-kacangan atau polong-polongan. Ketika polong-polongan, biji-bijian, dan padi-padian tumbuh menjadi kecambah, kandungan nutrisinya akan meningkat pesat. Kecambah menjadi ramuan detoks yang luar biasa karena kandungan vitamin C-nya mencapai 60% dan vitamin B-nya 30%
5.    Mengonsumsi vitamin C, yang membantu tubuh memproduksi glutathione, senyawa hati yang mengusir racun.
6.    Minum sedikitnya dua liter air setiap hari akan mempermudah pembuangan racun.
7.    Transform stres dengan menekankan emosi positif.
8.    Praktek hidroterapi dengan mandi air panas selama lima menit. Ikuti dengan air dingin selama 30 detik. Lakukan ini tiga kali, dan kemudian tidur selama 30 menit.
9.    Keringat di sauna sehingga tubuh anda dapat menghilangkan efek racun melalui keringat.
10.  Spa kaki / perendaman kaki untuk menghilangkan racun melalui pori-pori anda.
11.  Olah raga adalah langkah yang paling penting untuk detoksifikasi.  Berolahragalah secukupnya, jangan sampai kelelahan. Terlalu banyak berolahraga dapat merusak kesehatan karena semakin banyak berolah raga, semakin banyak radikal bebas yang diproduksi oleh tubuh.  Secukupnya akan berbeda bagi setiap orang,
12.  Mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral memegang peran penting dalam membantu tubuh menghancurkan dan mengeluarkan unsur-unsur kimia beracun dari dalam tubuh.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar